fbpx
Menu

Tips Menyimpan Nasi Hingga Tahan Satu Minggu

Tips Menyimpan Nasi Hingga Tahan Satu MingguSiapa di sini yang sering sekali menyimpan nasi yang tidak dihabiskan? Mungkin kebiasaan ini sering dilakukan oleh banyak orang, mengingat nasi yang merupakan makanan pokok kita ini merupakan salah satu bahan pangan yang semakin hari semakin melonjak saja harganya. Meski kita ini hidup di negara subur dan makmur, entah kenapa kita selalu kekurangan bahan pangan, termasuk kekurangan makanan pokok yang sehari-hari kita konsumsi, sehingga terkadang kita memilih untuk menyimpan nasi yang tidak termakan dan kondisinya masih bagus.

Terutama jika anda sering mendengar pepatah orang tua yang mengatakan, Dewi Sri akan marah jika kita membuang nasi yang sebenarnya masih bisa dikonsumsi. Sehingga selain demi menghemat pengeluaran, pepatah yang telah ditanamkan semenjak kecil tersebut sudah tertanam dalam benak kita dan membuat kita lebih menghargai nasi.

Akan tetapi dalam menyimpan nasi juga tidak boleh sembarangan loh, karena anda harus tahu bahaya menyimpan nasi.

Baca artikel selengkapnya di sini: Catat! Makanan Yang Tidak Boleh Dipanaskan

Memang menyimpan nasi dan menghangatkannya kembali dapat membuat spora tumbuh di seluruh permukaan nasi yang disimpan semalaman pada suhu ruangan sehingga apabila dipanaskan kembali, maka nasi dapat membuat mereka yang mengkonsumsinya mengalami sakit perut hingga diare.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk memanaskan nasi, anda harus tahu bagaimana cara menyimpan nasi dengan benar agar tahan selama satu minggu, sehingga nasi bisa dipanaskan kembali dan rasanya pun tidak berubah.

Tips Menyimpan Nasi Hingga Tahan Satu Minggu

  1. Tips pertama untuk menyimpan nasi adalah, anda harus mengetahui cara yang benar, bagaimana anda menyimpan nasi agar nasi bisa dipanaskan kembali, salah satu yang wajib anda perhatikan adalah dengan menyimpan nasi di lemari pendingin atau kulkas. Karena jika nasi disimpan di suhu ruangan maka akan membuat spora tumbuh di seluruh permukaan nasi, spora ini lah yang menyebabkan apalabila nasi dipanaskan kembali membuat yang mengkonsumsinya mengalami sakit perut. Jadi perhatikan tempat menyimpan nasi anda ya.
  2. Yang kedua adalah, cara menyimpannya. Mungkin jika selama ini anda terbiasa meletakkan nasi di sebuah kotak atau wadah tertutup lalu memasukkannya ke dalam lemari pendingin, hal ini bisa saja dilakukan tapi ada tips yang lebih mudah dan praktis lagi. Yakni membungkus nasi dengan ukuran perporsi lalu menyimpannya di lemari pendingin.
  3. Jika ingin memasakannya anda cukup mengambil nasi lalu panaskan dengan menggunakan panci. Tutup panci hingga dan panaskan hingga lama. Jangan lupa untuk mengaduk nasi ketika nasi agar panasnya merata ke seluruh nasi.
  4. Apabila anda sudah merasa nasi sudah panas secara merata anda bisa mengangkatnya dan nasi pun siap untuk dikonsumsi. Penampilan nasi juga tidak berubah, seperti nasi baru dan juga tidak menghilangkan rasanya.
  5. Dan dijamin, nasi yang dihangatkan dengan cara ini tidak akan membuat anda sakit perut setelah mengkonsumsinya.

Cukup mudah bukan tips menyimpan nasi hingga tahan satu minggu. Memang nasi yang disimpan dengan cara tersebut bisa tahan hingga satu minggu dan tidak akan merusak rasanya apabila anda panaskan kembali. Tapi cara tersebut tidak dianjurkan untuk menyimpan nasi selama satu minggu lebih, karena cara ini belum dicoba untuk menyimpan nasi selama lebih dari satu minggu. Sehingga anda sebaiknya mengingat kapan anda menyimpan nasi agar tidak melebihi batas penyimpanan.

Baca Resep Masakan Menarik Lainnya: Resep Membuat Kue Lontong Paris, Inspirasi Berbeda Untuk Lebaran Anda

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *