fbpx
Menu

Tips Menyimpan Kue Lebaran Agar Awet Dan Tahan Lama

Tips Menyimpan Kue Lebaran Agar Awet Dan Tahan LamaTidak terasa ya, Ramadan sudah memasuki minggu ke dua, yang artinya tak lama lagi lebaran pun tiba. Apakah anda sudah mulai menyiapkan kue untuk lebaran dari sekarang?

Bagi anda yang memilih membuat kue sendiri untuk lebaran nanti, pastinya sekarang sudah mulai membuat kue, dan meski lebaran hampir tiba tapi jika anda tidak menyimpan kue yang anda buat dengan benar, maka anda bisa membuat kue yang anda buat menjadi rusak, mlempen dan tidak bisa dimakan.

Pada dasarnya kue kering yang anda buat untuk lebaran ini dapat bertahan lama tanpa bahan pengawet, asalkan disimpan dengan cara yang benar. Tidak mau kan, usaha anda membuat kue sia-sia karena tidak menyimpan kue lebaran dengan benar. Jangan khawatir, kami akan memberikan tipsnyan di bawah ini!

Tips Menyimpan Kue Lebaran Agar Awet Dan Tahan Lama

Kue Lebaran

  1. Dinginkan Terlebih Dahulu Sebelum Disimpan

Setelah kue matang, sebaiknya anda mebiarkan kue dingin terlebih dahulu sebelum anda memasukkannya ke dalam toples dan menyimpannya. Karena uap panas yang dihasilkan oleh kue yang masih hangat akan dapat membuat udara di dalam toples lembab sehingga membuat kue menjadi cepat melempem dan rusak saat disimpan bahkan tidak akan sanggup bertahan sebelum lebaran. Sebaiknya anda membiarkan kue menjadi lebih dingin terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam toples.

 

  1. Pilihlah Toples Kering Dan Kedap Udara

Pemilihan toples juga penting loh dalam menyimpan kue lebaran. Anda harus memperhatikan toples yang akan anda gunakan. Jika biasanya anda selalu mencuci terlebih dahulu toples yang akan anda gunakan untuk menyimpan kue maka anda harus memastikan untuk mengeringkan toples hingga benar-benar kering, bisa dengan dilap dengan menggunakan kain bersih atau bisa juga dengan mengangin-anginkan dan menjemurnya hingga benar-benar kering. Selain itu pilih toples yang kedap suara dan tertutup dengan rapat sehingga kerenyahan kue anda terjaga hingga lebaran tiba.

 

  1. Beri Silica Gel Atau Garam Kemasan

Anda bisa mendapatkan silica gel di pasaran untuk diletakkan di dalam toples yang sudah diisi dengan kue lebaran. Keberadaan silica gel ini akan membantu anda untuk menjaga kue kering agar tetap awet hingga lebaran tiba. Selain itu jika anda tidak menemukan silica gel anda bisa menggantinya dengan garam kemasan. Masukkan saja garam ke dalam kantong pastik kemudian letakkan di dalam toples.

 

  1. Simpan Di Tempat Yang Sejuk

Yang terpenting saat menyimpan kue bukan hanya menyimpan di toples yang tepat tapi juga meletakkan toplesnya juga harus di tempat yang tepat. Simpan lah toples yang telah diisi dengan kue kering di tempat yang sejuk dan jauh dari paparan sinar matahari. Anda bisa menyimpannya di lemari makanan atau lebih bagus jika anda menyimpannya di lemari pendingin agar kue jadi semakin awet.

 

Nah, sudah tahu kan tips menyimpan kue lebaran agar awet dan tahan lama. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda ya, dan bisa membuat kue lebaran anda tahan lama hingga saat dinikmati lebaran nanti.

 

Baca Tips Ramadan Menarik Lainnya: Manfaat Berbuka Puasa Dengan Buah Blewah Yang Tak Banyak Diketahui

 

Loading...
2 Comments
  1. Dyah 03 Jun 2018 / Balas
  2. aris armunanto 07 Jun 2018 / Balas

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *